Tahsin Surat Al Kahfi bersama Ustadz Aos Firdaus

746

Ada satu sunnah yang mulai dihidupkan kembali oleh umat Islam hari ini, yakni membaca surat Al Kahfi setiap hari Jumat. Tak ketinggalan, Takmir Masjid Bilal bin Robbah mengadakan kegiatan Tahsin dan Tahfizh Surat Al Kahfi pada Jumat kedua setiap bulannya. Puluhan jamaah baik putra maupun putri mengikuti kegiatan yang diampu oleh Ustadz Aos Firdaus Al Hafizh.

Seusai solat subuh pada Jumat (09/02/2018), Ustadz Aos memulai tahsin Surat Al Kahfi dengan menjelaskan sifatul huruf dari segi mengarahnya suara. Jika mengarahnya ke atas, ke langit-langit maka disebut isti’la. Ada pun yang ke bawah disebut istifal. Sering terjadi kesalahan, Isti’la seolah harus memajukan bibir padahal tidak. Huruf isti’la tidak monyong. Tetap dari mulut tapi arah suaranya ke atas.

Setelah menjelaskan perbedaan isti’la dan istifal, Ustadz Aos melanjutkan dengan membaca berulang-ulang surat Al Kahfi ayat ke 27-28. Setelah memberikan contoh bacaan, Beliau lalu mengajak jamaah untuk membaca berulang-ulang kemudian sesekali menutup mushaf dan menghafalnya. Acara yang berlangsung dari ba’da subuh sampai jam 6 pagi ini lalu diakhiri dengan sarapan pagi bersama.

Semoga dari ikhtiar kegiatan Tahsin dan Tahfizh Surat Al Kahfi yang dilakukan sekali setiap bulannya, masyarakat semakin terbiasa untuk menghidupkan sunnah-sunnah Rasulullah. [rep:agng]

SHARE