Semarak Iedul Adha 1437 H Di Ma’had Isy Karima

1255

Iedul Adha adalah salah satu hari besar ummat Islam. Sama halnya dengan Iedul Fitri, Iedul Adha merupakan hari raya ummat Islam yang patut dirayakan. Namun sayang, banyak ummat Islam mulai melupakan hari raya besar ummat Islam yang satu ini. Terbukti dengan euphoria penyambutan Iedul Adha berbeda dengan Iedul Fitri.

Ma’had Isy Karima mencoba mengembalikan kesemarakkan salah satu hari raya besar ummat Islam ini. Salah satunya dengan mengadakan acara Semarak Iedul Adha 1437 H. Acara Semarak Iedul Adha ini terdiri dari berbagai macam rangkaian kegiatan. Diantaranya adalah bazar P4 (Pasar Perlengkapan Paska Pakai), lomba membuat acar untuk ummahat Isy Karima, lomba membuat kerajinan tangan dari botol bekas untuk anak-anak dan yang tak kalah penting adalah acara di hari Arafah.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hari Arafah tahun ini diawali dengan pawai mengelilingi desa Sampangan sembari membagikan shodaqoh kepada warga sekitar ba’da Ashar tepat. Usai pawai, para santri dan asatidz berkumpul di auditorium Ma’had Isy Karima untuk menyaksikan siaran langsung wuquf di Arafah. Pada hari Arafah tahun ini seluruh keluarga besar Ma’had Isy Karima turut serta berkumpul di auditorium, baik dari kalangan ummahat maupun anak-anak. Gema takbir memenuhi auditorium hingga ke ruang Ibnu Abbas. Semua khusyu’ menyaksikan siaran langsung khutbah Arafah yang dilanjutkan pembacaan doa oleh para masayikh yang ada di Isy Karima. Alhamdulillah, Syeikh Muwaffaq dari Syiria menyempatkan hadir untuk turut menyemerakkan hari Arafah di Ma’had Isy Karima. Semua hanyut dalam suasana khusyu’ saat doa dilantunkan mengingat hari Arafah merupakan saat terkabulnya doa hingga adzan Maghrib berkumandang. Diteruskan dengan buka puasa Arafah bersama.

Semoga seluruh doa yang kita panjatkan di hari Arafah ini diijabah Allah dan menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih baik lagi.

Wallahu a’lam bishowab

]]>