Khutbah Ta'aruf MATIQ Isy Karima Tahun Ajaran 2016/2017

2506

Ahad (17/07/2016) MATIQ Isy Karima menyelenggarakan Khutbah Ta’aruf. Khutbah Ta’aruf merupakan acara rutin tahunan untuk menyambut para santri baru. Adapun tema Khutbah Ta’aruf pada tahun ini adalah “Mewujudkan Generasi Unggul Berakhlak Qur’ani”. Acara ini dihadiri oleh asatidz Isy Karima terutama yang sehari-harinya mengurusi MATIQ Isy Karima, santri baru berserta walinya. Terlihat wali santri sangat antusias mendampingi putranya mengikuti Khutbah Ta’aruf di Auditorium Ma’had Isy Karima. Sebelum acara dimulai, ada pemutaran video profil Ma’had Isy Karima dan penampilan tim nasyid dari untuk menyambut para hadirin yang berdatangan memasuki auditorium.

Ustadz Abdullah Pafuliyang selaku pembawa acara khutbah ta’aruf mengawali acara ini dengan membaca kalimat basmalah. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an  Surat al-Mujadalah ayat 11-17 oleh santri MATIQ Isy Karima. Acara berikutnya yaitu sambutan dari Ketua Panitia  Acara oleh Ust. Fredi Sularso, S.Pd. Beliau menuturkan bahwa  pendaftaran santri baru MATIQ Isykarima  tahun 2016 ini mencapai 244 pendaftar  dan yang berhasil diterima sejumlah 60 santri. Kepada para santri yang diterima diharapkan bisa menjalankan amanah  untuk menjadi santri  yang baik. Ustadz Fredi juga menyampaikan selamat datang kepada para santri baru MATIQ Isy Karima dan menyampaikan permohonan maaf bila dalam pelaksanaan Khutbah Ta’aruf ini masih terdapat kekurangan.

Sambutan selanjutnya dari Pudir I, Ustadz Alif Bachtiar. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan tholabul ‘ilmi di Ma’had Isy Karima sudah sangat baik dengan didukung beberapa unit mulai dari RA sampai STIQ. Beliau mengharapkan kepada para santri yang diterima, semoga dapat menjadi penghafal al-Qur’an yang bisa mengamalkan isi al-Qur’an. Selanjutnya sambutan perwakilan YSPI Isy Karima oleh Ustadz Apip Najaruddin selaku mudir Ma’had Isy Karima. Beliau menyampaikan perkembangan Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam Isy Karima (YSPII)  yang sudah memiliki unit-unit pendidikan yang berorientasi pada al-Qur’an. Beliau berpesan kepada santri baru supaya meluruskan tujuan dalam menghafal Al Qur’an. Semoga para santri penghafal al-Qur’an  bisa menjadi  golongan orang-orang sholih, dan bisa mendekatkan diri kepada Allah. Menghafal al-Qur’an dan menjadikan akhlaq kita sesuai al-Qur’an.

Acara inti dari Khutbah Ta’aruf ini adalah dialog  antara wali santri dengan beberapa beberapa asatidz yang berkecimpung di MATIQ Isy Karima, baik dari bagian kesantrian, kesiswaan, tahfizh, sarana prasarana dan bagian inti lainnya. Dialog langsung dipandu oleh Ustadz Khoirul sebagai moderator. Dialog dibuka dengan pemaparan masing-masing narasumber sesuai bidangnya. Pertanyaan demi pertanyaan disampaikan oleh wari santri baru kepada para narasumber kemudian dijawab oleh penanggung jawab tiap bagian.

Ahlan wa sahlan para calon huffazhul Qur’an baru MATIQ Isy Karima.  Semoga langkah kita untuk menjadi calon keluarga Allah selalu diridhoi dan diberkahi.

Wallahu a’lam bishowab

]]>