IMTAQ Maksimalkan Hafalan dengan Kholwah

928
IMTAQ Maksimalkan Hafalan dengan Kholwah

Ada yang beda dengan santri I’dadul Mu’allimin Tahfizhul Qur’an Isy Karima atau yang sering di kenal dengan IMTAQ. Wajah para santri terlihat berseri-seri, rona kebahagian dan keceriaan terlihat jelas dari wajah mereka. Bagaimana tidak?! Acara tiap semester yang mereka tunggu-tunggu akhirnya datang juga.

Terhitung dari sabtu 8 april kemarin, program kholwah Al Qur’an atau yang sering dikenal juga dengan karantina tahfizh berjalan. Program unggulan mas’ul tahfidz yang menfokuskan santri untuk maksimal dalam menghafal, muroja’ah ataupun memutqinkan hafalan. sehingga semua program yang tidak berhubungan dengan Al Qur’an sementara diliburkan, baik itu kegiatan belajar mengajar di kelas ataupun extrakurikurel lainnya.

Pembukaan Kholwah oleh Ust SyarqunPEMBUKAAN KHOLWAH OLEH MUDIR IMTAQ – UST SYARQUN AL FARUQ

Kholwah Al Qur’an yang diagendakan setiap akhir semester ini bertujuan melejitkan prestasi santri di bidang tahfizhul Qur’an. Sebagian santri mengunakannya dengan mengejar target hafalan, sebagian untuk persiapan ujian dan ada juga yang menargetkan untuk bisa ujian UAT 30 juz.

Ustadz Shoubari selaku penanggung jawab di bidang Tahfizhul Qur’an IMTAQ mengatakan bahwa untuk kholwah quran ini ada 5 (lima) halaqoh setiap harinya:

Halaqoh pertama dimulai dari ba’da subuh sampai jam enam tiga puluh, halaqoh kedua dari jam delapan sampai jam sebelas, halaqoh ke tiga dari ba’da dhuhur sampai jam setengah dua, halaqoh ke empat dari ba’da asar sampai jam lima, kemudian halaqoh ke lima dari ba’da maghrib sampai jam delapan malam. Beliau menambahkan bahwa target setiap santri minimal lima halaman ziyadah atau hafalan baru, sedangkan yang muroja’ah wajib setengah juz setiap harinya.

Yang menarik bagi penulis, dalam kholwah ini ada system reward dan punishment. Bagi santri yang malas-malasan dalam kholwah dan tidak memenuhi target maka akan mendapatkan sanksi dan sebaliknya bagi santri yang berprestasi akan mendapatkan bingkisan dari mas’ul tahfizh.

Tausiyah Kholwah oleh Ust Zainal AbidinTAUSIYAH MOTIVASI OLEH UST ZAINAL ABIDIN

Untuk menjaga semangat daripada santri, IMTAQ mengadakan beberapa kegiatan, semisal kajian yang diisi oleh sesepuh mahad Isy Karima setiap senin sore. Liqo’ Tarbiyah setiap rabu sore juga berjalan seperti biasa sebagaimana arahan Mudir IMTAQ ustadz Syarqun Al Faruq. Kegiatan kajian dan liqo’ tarbiyah ini bertujuan untuk menjaga rukhiyah dan semangat santri.

Jaga Kesehatan dengan Lari Bersama

JAGA KESEHATAN DENGAN LARI BERSAMA

Selain itu, kegiatan olahraga seperti beladiri setiap selasa pagi dan futsal di kamis sore juga tetap berjalan seperti biasanya. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kebosanan dan tentunya menjaga santri untuk tetap sehat dan kuat.

Alhamdulillah dengan format ini terlihat manjur, terbukti dengan banyaknya santri yang melebihi target hafalan. Sebut saja Jauhar Najib, santri kelas 2 IMTAQ asal aceh ini bisa menyelesaikan setoran 1 juz dan Juzziyah dalam waktu 4 hari ketika kholwah.

Akhir kata, kami segenap staff imtaq isy karima memohon doa dari para pembaca sekalian, Semoga kholwah yang berakhir pada 28 april ini membuahkan hasil yang maksimal dan penuh berkah.

Komplek masjid AN Nur, Karangpandan, 13 April 2018.
(Zabardas)

SHARE