Dauroh Cyber Dakwah Era Society 5.0

116

Dauroh Cyber Dakwah Era Society 5.0 yang bertempat di Lembah Manah Mataram. Acara ini berlangsung mulai tanggal 29 – 30 Agustus 2022 terselenggara atas kerjasama Ma’had Isy Karima dan Al-Qashwa Media. Acara ini diikuti oleh para peserta yang berasal dari utusan berbagai daerah pondok persantren.

Acara dibuka dengan tilawah Al-Qur’an oleh Ust. Taqy kemudian dilanjutkan acara sambutan ketua panitia yaitu Ust. Alvian Bahar. Lalu dilanjutkan penyampaian materi dauroh oleh Ust. Syihabuddin AM Al-Hafizh dengan mengangkat tema Pentingnya Terbentuk Forum Penggiat Media Dakwah di Indonesia. Kemudian Gus Novi Puji Raharjo, S.Kom., M.I.Kom memberikan materi tentang Dakwah di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Turut hadir beliau Habib Sholeh Al-Jufry dengan menyampaikan materi tentang Peran Media Sebagai Sarana Dakwah Ulama di Era Digital Media. Selanjutnya penyampaian materi tentang Analisa Dakwah Digital Berbasis BMC Digital, Riset Profil Dakwah di Internet disampaikan oleh para narasumber dari Tim Al-Qashwa Media.

Dihari kedua, setelah kegiatan olahraga dan coffe break, acara dauroh menghadirkan para narasumber dari Tim Al-Qashwa Media dengan mengangkat tema Digital Branding Dakwah, Jurnalistik Online Untuk Dakwah, dan Optimasi Dakwah di Media Digital. Untuk materi & kegiatan praktek pembuatan poster dakwah, para peserta langsung dipandu oleh Coach Nurhadi Ismail dari MDC Solo beserta Tim Media Isy Karima. Alhamdulillah acara dauroh ini berjalan lancar. Dan para peserta begitu antusias dalam mengikuti penyampaian materi dari para narasumber. Semoga program dauroh ini bisa berkelanjutan, karena pentingnya membangun media dakwah di era digital dikalangan pondok pesantren untuk memberikan manfaat kebaikan di tengah umat.