Daurah Akhir Bulan – Cetak Generasi Berakhlak dan Beradab

584

Selasa (30/01/2018), ratusan santri dan santriwati dari unit STIQ, MATIQ, IMTAQ dan MQBA memenuhi Masjid Bilal MTQ Isy Karima. Dauroh bersama Syeikh Ramadhan Abdul Karim yang dilakukan setiap Selasa dan Rabu pekan terakhir setiap bulannya ini dimulai sejak jam 8.30. Kitab yang dibahas bulan ini ialah Kitab Tazkirah Sami’ wa al-Mutakallim fi Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim, karangan Syaikhul Islam Qadhi Badaruddin Muhammad bin Ibrahim Ibnu Jamaah al-Kinani asy-Syafii (639 H-733 H).

Syeikh Ramadhan dalam pembahasan kitab ini menyampaikan bahwa ilmu dan adab tidak bisa dipisahkan. Jangan sampai kita sungguh-sungguh untuk menghafal Al Qur’an tetapi kita tidak bersungguh-sungguh meraih “husnul adab” atau adab yang baik. Padahal yang paling layak untuk mendapatkan “husnul adab” ini adalah ahlul ilmi.

Beliau menjelaskan adab bisa dibagi menjadi tiga; adab kepada Allah, adab kepada Rasulullah dan adab kepada makhluk Allah. Salah satu contoh adab kepada Allah ialah dengan memakai pakaian terbaik saat shalat. Adab kepada Rasulullah misalnya kita ikut benci jika istri-istri Rasulullah dihina. Adab kepada makhluk Allah misalnya berbuat baik kepada kedua orang tua.

Semoga lahir dari Ma’had Isy Karima ini pemuda-pemuda yang tidak hanya ahlul Qur’an tetapi juga memiliki husnul adab atau adab yang baik. Karena sungguh tidak akan bertambah ilmu seseorang jika tidak disertai dengan adab. [rep:agng]

SHARE