Cinta Sunnah – 3 Unit Isy Karima Longmarch 4 Hari 3 Malam

2111

Salah satu wujud cinta sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan para salaful ummah ialah melakukan perjalanan panjang dengan berjalan kaki, meski hanya menempuh jarak kurang lebih 121 kilometer, namun setidaknya para santri bisa merasakan sedikit dan mendapatkan bayangan yang luar biasa bagaimana jerih payah para pendahulu kita dalam menempuh sebuah perjuangan menegakkan Islam, baik itu dalam rangka jihad atau pun mencari ilmu.

Kegiatan longmarch yang ditempuh selama 4 hari 3 malam tersebut dimulai dari 10 hingga 13 Desember 2018 berjalan kaki dari Goa Cerme hingga Ma’had Isy Karima. 271 santri dari 3 unit (MATIQ, IMTAQ, MQBA) mengikuti kegiatan tersebut, dimulai dengan briefing dan tausiyah dari Ust Syihabuddin AM selaku ketua YPIA Isy Karima pada senin pagi hari (10/12).

Setelah menyusuri Goa Cerme, santri pun menuju ke pos pertama di Ponpes Ibnul Qayyim Yogyakarta dengan jarak tempuh 25 kilometer. Pos kedua terletak di Masjid Asy-Syifa komplek RSI Klaten dengan jarak tempuh 29 kilometer. Pos ketiga di Ponpes Al-Mukmin Ngruki dengan jarak tempuh 28 kilometer, kemudian dilanjut ke tujuan terakhir Ma’had Isy Karima dengan jarak tempuh 39 kilometer.

Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan tidak ada kendala dari awal hingga akhir longmarch. Para santri pun terlihat senang dan semangat dalam mengikuti rangkaian kegiatan tersebut. Mudah-mudahan dengan adanya acara ini santri bisa berlatih kompak dan menambah rasa solidaritas kepada sesamanya. Ust Agus selaku Ketua Kesantrian MATIQ pun berharap dengan adanya kegiatan ini santri bisa merasakan keprihatinan terhadap orang-orang yang hidup susah walau hanya 4 hari saja. [rep:husen]

SHARE