PKL Ramadhan Di Negeri Jiran

449

Setiap bulan Ramadhan, MATIQ Isy Karima mewajibkan santri kelas 1 yang akan naik kelas 2 untuk PKL ke beberapa daerah di Indonesia. PKL ini bertujuan sebagai latihan bagi santri untuk terjun ke masyarakat luas nantinya. Namun ada yang spesial dengan Ramadhan tahun ini yakni ada beberapa santri yang melaksanakan PKL bukan di Indonesia. Selain PKL di Nagoya Jepang, ada yang PKL juga di Negeri tetangga yakni Malaysia.

Zaka & Zaki adalah santri Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isykarima yang mewakili delegasi dakwah ke Malaysia pada tanggal 4- 26 Juni 2016. Mereka telah menyelesaikan PKL selama 1 bulan penuh di bulan Ramadhan 1437 kemarin dengan lancar. Keiatan ini Zaka-Zaki menceritakan bahwa penuh tantangan dan banyak mendapat wawasan baru tentang kebijakan, struktur, adat, dan kultur beragamam berkehidupan, dan kenegaraan di negeri Malaysia yang berbeda dengan di Indonesia.

Pada awalnya mereka menempati di Surau Al-Insaniyah, seiring berjalannya waktu, mereka diundang juga di Surau apartment lain.
Kegiatan disana antara lain: sebagai imam, pengisi ceramah / kajian/TPA, khotib, diskusi, dan tour city. Tour city ini adalah kegiatan mengunjungi beberapa lembaga-lembaga pendidikan Al-Quran yang ada di Malaysia.

Sampaikan, Sebarkan, Dakwahkan Al-Quran ke Seluruh Dunia…

BAGIKAN