Pawai Parade Hari Arafah 1438 H Ma’had Isy Karima

268
parade arafah isykarima

Hari Arafah adalah hari yang amat mulia bagi umat Islam. Hari tersebut adalah hari mustajabnya do’a. Hari tersebut juga adalah hari diampuninya dosa dan pembebasan diri dari siksa neraka. Sayangnya masih banyak ummat Islam yang belum mengetahui keistimewaan hari Arafah ini. Oleh karena itu Ma’had Tahfizhul Qur’an Isy Karima mencoba mensyiarkan keutamaan hari Arafah ini dengan mengadakan Pawai Parade Hari Arafah.

Pawai Parade Hari Arafah ini diadakan pada Kamis (31/08/2017) sore ba’da sholat Ashar. Pawai ini diikuti oleh para asatidz, amil, ummahat dan para santri STIQ-MATIQ-IMTAQ-IMTAQ SHIGHOR serta beberapa santri MIT dan MULAZAMAH Isy Karima. Sebelum pawai dimulai, para peserta melakukan sholat Ashar berjamaah terlebih dahulu. Pawai diawali oleh rombongan berkuda disusul rombongan ikhwan dan dilanjutkan rombongan akhwat.

Rute pawai tahun ini dimulai dari Masjid Bilal bin Rabah Ma’had Isy Karima, Srandon, Lapangan desa Karang, tikungan warung makan Mbok Iyem, Masjid at-Taqwa Sampangan, kemudian kembali ke lingkungan Ma’had Isy Karima melalui gerbang MIT lalu melewati Hadhonah dan belok melewati dapur bagi rombongan akhwat kemudian melewati depan kantor kesantrian putra dan berkumpul di Auditorium Ma’had Isy Karima. Adapun untuk rombongan putra setelah masuk gerbang MIT dan melewati Hadhonah dilanjutkan ke gedung MATIQ dan berkumpul di Auditorium Ma’had Isy Karima.

Alunan takbir berkumandang selama pawai berlangsung. Masyarakat sekitar Ma’had Isy Karima sangat antusias ikut menyaksikan pawai dan beberapa pun ikut melantukan takbir. Tidak hanya pawai berkeliling sekitar Ma’had Isy Karima sambil bertakbir, Ma’had Isy Karima juga membagikan sembako kepada masyarakat sekitar.

Setelah pawai selesai para peserta berkumpul di Auditorium Ma’had Isy Karima untuk mendengarkan khutbah Arafah dan berbuka puasa bersama. Khutbah Arafah tahun ini diisi oleh Syeikh Rosyid al-Yamani dan penerjemah Ustadz Syifaul Mubin al-Hafizh. Usai khutbah para peserta diminta untuk berdo’a, berdzikir dan bertakbir masing-masing. Menjelang berbuka Syeikh Rosyid memimpin do’a sebagai penutup hari Arafah. Setiap peserta takzhim dan khidmat menyimak untaian do’a yang dipanjatkan Syeikh Rosyid sembari mengaminkan. Isak tangis pun terdengar bercampur dengan lantunan Aamiin. Saat adzan Maghrib berkumandang para peserta berbuka puasa Arafah bersama. Sungguh indah takzhim dan syahdu.

Semoga dengan adanya kegiatan Pawai Parade Arafah ini bisa semakin meengedukasi masyarakat tentang keistimewaan Hari Arafah.
Wallahu a’lam bishowab

[rep:rhm]

BAGIKAN