Manasik Haji KB/RA Karima Ulya

960

Labbaika Allahumma labbaika.. Labbaika la syarika laka labbaika…” alunan kalimat talbiyah mengumandang di sepanjang jalan protokol menuju KB-RA Karima Ulya. Suasana ritual ibadah haji di Tanah Suci pun sangat terasa.

KAMIS (28/4) pagi, suasana lapangan Ma’had Isy Karima ramai dipenuhi anak-anak serba putih.  Siswa-siswi KB-RA Karima Ulya, para dewan guru beserta pengurus POMG mengikuti manasik haji.

Tiba di lapangan Ma’had Isy Karima, serasa tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Para siswa didampingi guru kelas yang terbagi dalam beberapa kelompok (kloter) berbaris rapi sebelum memasuki area manasik haji. “Para jemaah haji..sekarang kita sudah sampai di Bandara King Abdul Aziz Jeddah,” ujar Bu Ida, pembimbing manasik haji yang juga bagian kurikulim KB-RA Karima Ulya.

Labbaika Allahumma labbaika.. Labbaika la syarika laka labbaika…” Anak-anak berteriak mengucapkan kalimah talbiyah menandai dimulainya manasik haji.

Kegiatan manasik haji pun berlangsung meriah, namun tetap khusyuk. Terik matahari tak menghalangi malaikat-malaikay kecil itu belajar tata cara ibadah haji. Tingkah lucu anak-anak yang tidak mengikuti aturan pembimbing mewarnai jalannya manasik yang dibimbing Bu Ida, Bu Ham  dan guru-guru KB-RA Karima Ulya lainnya. Ada beberapa anak yang menangis, terutama adik-adik KB yang belum pernah mengikuti pelatihan manasik haji. Walau begitu tetap tak menghalangi semangat siswa-siswi KB-RA Karima Ulya mengikuti manasik haji.

Manasik haji yang diawali acara pelepasan haji, dilanjutkan wukuf di Arafah, mengambil batu jumrah, melontar jumrah, thawaf (keliling kabah), shalat sunah di Makam Nabi Ibrahim, sa’i (berlari kecil) hingga potong rambut (tahalul) berjalan lancar.

Usai berkeliling kabah, anak-anak diberi kesempatan minum air zam-zam sebelum melanjutkan lari-lari kecil antara Safa dan Marwa.

Kegiatan manasik haji ini bertujuan untuk mengenalkan rukun iman ke-5 melalui praktek langsung dan memotivasi para orang tua murid dan guru untuk melaksanakan ibadah haji. Alhamdulillah kegiatan manasik haji yang dimulai pukul 08.00 hingga pukul 11.00 berjalan lancar. Semoga kegiatan ini akan terselenggara pada tahun berikutnya. Aamiin.

SHARE