Kampung 2 Menara Menuju Kampung 2 Bahasa

522
Kampung 2 bahasa isykarima

Ustadz Syihabuddin seringkali menyampaikan mimpi “Isy Karima Untuk Lima Benua”. Dengan maksud Ma’had Isy Karima memiliki andil dalam dakwah di lima benua. Beliau juga selalu bersemangat menyampaikan mimpi beliau lingkungan di sekitar Isy Karima bisa terangkat kafaah keilmuannya baik dari segi al-Qur’an maupun bahasa. Dalam setiap kajiannya Ustadz Syihab selalu berapi-api menceritakan kelak Desa Pakel –tempat dimana Ma’had Isy Karima berada- bisa menjadi desa percontohan, bisa menjadi desa Qur’an, semua masyarakatnya hafal Qur’an, semua masyarakatnya pandai berbahasa Arab dan Inggris. Sehingga orang-orang tertarik untuk datang belajar Qur’an dan bahasa Arab di Desa Pakel.

Alhamdulillah Laa hawla wa laa quwwata illa billah, sepertinya mimpi-mimpi ini sedikit demi sedikit akan mulai terwujud. Saat ini Ma’had Isy Karima sedang mengembangkan sebuah program Kampung Bahasa. Hal ini dilatarbelakangi dengan sangat sedikitnya lingkungan untuk mempelajari bahasa Arab bagi masyarakat yang tidak menempuh pendidikan formal. Disamping itu belum adanya lingkungan untuk mempelajari bahasa Arab yang berhubungan dengan metode Qur’an. Ma’had Isy Karima mencoba menggabungkan Qur’an dan Bahasa Arab untuk membangun sebuah lingkungan Islami. Karena sebuah lingkungan sangatlah penting dalam pendidikan Islam.

Ada beberapa program yang diusung oleh Kampung Bahasa. Program yang dijalani merupakan suatu program untuk merealisasikan penerapan bahasa Arab yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Tujuan utama dari program ini adalah untuk membantu masyarakat memahami al-Qur’an dan memahami bahasa Arab, dari setiap tingkatan usianya. Anak-anak, dewasa, hingga mereka yang lanjut usia baik laki-laki maupun perempuan.

Program yang sudah berjalan diantaranya adalah Program Jalan Sehat Berbahasa Arab setiap hari Sabtu s/d Kamis pukul 06.00 – 07.00 WIB. Program Jalan Sehat Berbahasa Arab ini dipandu oleh Syeikh Muhammad Romadhon, Ustadz Syihabuddin, Ustadz Fajar dan beberapa asatidz lainnya. Alhamdulillah respon masyarakat sangat antusias dengan adanya program ini. Terbukti dengan semakin bertambahnya masyarakat yang mengikuti program Jalan Sehat Berbahasa Arab ini setiap harinya. Ke depannya insya Allah akan diadakan juga program belajar Bahasa Inggris, belajar memasak masakan sehat, belajar thibbun nabawi dan program belajar Bahasa Jawa halus atau kromo inggil.

Selain itu, dalam program pembelajaran bahasa Arab di Kampung Bahasa ini disediakan juga penginapan bagi siapa pun yang ingin belajar bahasa Arab dalam tempo sebulan, tiga bulan, atau bahkan dua hari saja. Ada juga sebuah bangunan di Kampung Bahasa yang bernama “Rumah Nabawi”, sebuah rumah yang menjadi pusat layanan kesehatan Nabawi yang berupa pengobatan dengan teknik bekam, terapi kesehatan, obat-obatan herbal, serta menjadi tempat pelatihan kesehatan nabawi.

Semoga di masa depan kawasan ini –Desa Pakel- akan menjadi sebuah desa yang seluruh masyarakatnya mampu berbicara dan bercakap-cakap dengan bahasa arab 100 persen. Terima kasih banyak kepada para Masyayikh atas dukungannya dan bimbingannya kepada asatidzah hingga bisa terealisasikannya Kampung Bahasa ini. Terima kasih kepada Dr. Yahya Ibrahim Yahya, Dr. Hisyam, Syaikh Khalid Hamudi, dan seluruh masyayikh lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Semoga Allaah memberkahi semua program dan rencana pengembangan Kampung Bahasa ini. Semoga semua program ini dapat berjalan dengan istiqomah serta taufiq dari Allah Ta’aala. Dan semoga di masa depan daerah ini menjadi tempat yang tepat dan sesuai bagi siapa saja yang ingin belajar bahasa Arab, Inggris, atau bahasa Jawa.
Wallahu ta’ala a’lam

[rep:alvn]

BAGIKAN