Dauroh Berkuda Glory with Sunnah

487
Dauroh Berkuda Isy Karima

Ada yang berbeda dengan suasana stable Isy Karima pada hari Ahad, 5 November 2017. Tenda-tenda di pasang di jalan masuk menuju stable Isy Karima. Kursi-kursi tertata rapi, tak lupa sekat pembatas untuk ikhwan dan akhwat. Usut punya usut akan diadakan dauroh berkuda di stable Isy Karima.

Dauroh berkuda ini pertama kali diadakan di Ma’had Isy Karima. Jika sebelum-sebelumnya Ma’had Isy Karima sering mengadakan dauroh ilmu syar’I, al-Qur’an maupun bahasa Araba, kali ini mencoba menyelenggarakan dauroh berkuda. Berbeda dengan dauroh-dauroh sebelumnya yang diadakan di Ma’had Isy Karima selalu berlokasi indoor, dauroh berkuda ini diadakan outdoor yaitu di Isy Karima Stable.

Dauroh berkuda dengan tema ‘Glory With Sunnah’ ini dikhususkan untuk keluarga Yayasan, Asatidz Asabiqunal Awwaluun, asatidz Idaroh dan perwakilan dari santri dan santriwati. Mengingat dauroh berkuda ini merupakan dauroh awal, peserta dauroh pun masih dibatasi. Semoga ke depannya dauroh berkuda ini bisa diikuti oleh asatidz lain dan dibuka untuk umum.

Pemateri dalam dauroh berkuda ini adalah para pakar yang ahli dengan dunia per-kuda-an. Pemateri dauroh bertema Glory With Sunnah ini adalah Coach Jamaludin Effendi (pemilik Kampus Kuda Klaten), Sersan Kepala TNI Sukarmo (Atlet dan Pelatih Kuda Kavaleri), Bambang Asb (pemilik Bakso Tengkleng Mas Bambang) dan drh. Taufik Ari Prihadi (Technical Service Health of Animal PT Sanbe Farma). Para pemateri adalah orang-orang yan sudah berkecimpung lama dengan dunia dan masalah kuda.

Dauroh diawali dengan pembacaan tilawah oleh perwakilan santri MATIQ Isy Karima, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana dauroh Ustadz Zainal Amri dan sambutan pimpinan pondok Ustadz Apip Najaruddin. Sebelum pemateri menyampaikan materinya, ditampilkan show pertunjukan berkuda oleh tim dari TNI yang dipimpin oleh pak Karno dan perwakilan mahasantriwati dari STIQ Putri. Show ini bertujuan untuk mengkampanyekan bahwa berkuda itu mengasyikan dan akhwat pun bisa berkuda juga.

Materi pertama disampaikan oleh Coach Jamal dari Kampus Kuda Klaten dengan tema Safety Horseriding. Coach Jamal menyampaikan bagaimana caranya berkuda bagi pemula, dan peralatan apa saja yang harus disiapkan ketika hendak berkuda. ‘Sebelum berkuda, kita harus berkenalan dulu dengan kuda yang ingin kita tunggangi. Kita juga harus mempersiapkan peralatan yang hendak kita gunakan saat ingin berkuda’, ungkap coach Jamal.

Materi kedua adalah materi tentang kesehatan perawatan kuda oleh drh. Taufik Ari Prihadi. Dokter Taufik menjelaskan tentang keutamaan kuda. Kuda memiliki kelebihan disbanding hewan lain semisal kuda seperti keledai maupun zebra. Kuda Allah ciptakan sebagai pelari tangguh karena memiliki kapasitas paru-paru yang lebih besar dari organ perutnya. Penting juga bagi seorang rider untuk mengetahui psikologis kuda.

Materi ketiga adalah taklshow tentang ‘Emang bisa Merawat Kuda Di Rumah’ bersama Coach Bambang. Coach Bambang menjelaskan bahwa sangat mungkin untuk merawat kuda di rumah. Karena kuda membawa keberkahan bagi pemiliknya. Karena merawat kuda merupakan sunnah. Coach Bambang sendiri memilik 3 ekor kuda di rumahnya.

Semoga dengan adanya dauroh berkuda ini bisa memotivasi para asatidzah untuk semakin menekuni salah satu olahraga sunnah ini. Dan semoga acara ini bisa kontinyu dirutinkan setiap bulannya. [rep:rhm]

BAGIKAN